5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN - di Ngawi Jawa Timur

Jenis domba pedaging Texel yang sering dibudidayakan di Indonesia. Saat tidak bermain, berat Texel dewasa bisa mencapai 100 kilogram per ekor. Untuk wanita yang tidak dalam keadaan hamil, beratnya bisa mencapai 90kg. Inilah sebabnya, Texel menjadi daging domba yang disukai. Texel berasal dari Pulau Texel yang terletak di Belanda, namun sejak sekitar tahun 1950, Texel kini sudah dapat berkembang di Indonesia. Domba ini populer dengan nama lokal misalnya nama Dombos (Domba Wonosobo).

 

Nama tersebut dipilih karena 500 Texel mampu menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa saat masuk ke Indonesia pada tahun 1950-an. Jujur saja, sampai saat ini Wonosobo menjadi andalan Texel sebagai daging domba sapi berkualitas internasional. Banyak peternakan menawarkan benih domba Texel, baik atas nama individu maupun mitra ternak lainnya. Dengan sistem yang sangat besar seperti ini, perkembangan trah Texel kemungkinan besar akan terjadi dengan cepat dalam waktu dekat.

 

Kabar baiknya, Texel tidak terbatas pada penggunaan daging saja. Permintaan pasar akan produk yang berasal dari domba jenis ini tidak hanya daging, tetapi juga wol dan persilangan. Oleh karena itu, pemasaran Texel bersifat ekspansif dan Anda dapat memanfaatkannya untuk memaksimalkan keuntungan finansial Anda.

 

Cara dan Tips Texel Sheep Terbukti Sukses

 

Sebenarnya, ada banyak hal penting yang perlu Anda gunakan di peternakan Anda untuk budidaya Texel yang sukses. Pada akhirnya, ada sekitar lima hal utama yang perlu Anda sempurnakan. Dalam pemilihan breeder Texel Peternak yang merupakan breeder perlu memperhatikan kualitas fisik maupun genetik. Secara detail disini kami akan membahas tentang cara beternak domba Texel serta proses budidayanya agar anda sukses dalam bidang pemasaran.

 

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Untuk membangun operasi, pastikan Anda menggunakan domba Texel berkualitas baik. Alasannya adalah induk inilah yang akan menentukan siapa yang akan menjadi anakan selanjutnya untuk F1, F2, F3, dan seterusnya. Jadi, pemilihan indukan harus selektif.

 

Ciri-ciri pada breeder ultra texel adalah sebagai berikut :

 

a) Badan besar dan panjang dengan sisi kiri dan kanan simetris.

b) Selaput mata tidak pucat. Warna matanya jernih dan bening.

c) Badan tidak terlalu gemuk. Domba yang terlalu gemuk atau menggumpal biasanya memiliki masalah genetik.

d) Tidak ada cacat fisik, pada atribut induk Texel ini, yang bisa Anda amati secara langsung. Misalnya, mereka tidak pincang juga tidak buta atau bisu, dll.

E) Di bagian hidung basah (tidak terlalu encer dan tentunya tidak kering).

f) Untuk domba Texel jantan Bentuk testisnya teratur, dan tonjolan di sepanjang tulang kaki lebih panjang atau lebih terlihat saat kita menyentuhnya.

G) Untuk Texel betina ukuran ambing normal dan besar. Jumlah puting susu yang lengkap juga aktif (hal ini penting untuk memastikan keturunannya sehat juga).

H) Umur indukan minimal 1 tahun minimal 1 tahun. Sehingga faktor fisik dan psikis berada pada tempat yang tepat untuk memberikan keturunan yang terbaik.

 

Pada umumnya bila Anda mencari indukan baik betina maupun jantan Anda bisa berbicara langsung dengan penjualnya. Temukan penjual dalam beberapa bentuk seperti petani yang profesional, ramah, serta memberikan pelayanan terbaik.

 

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba harus nyaman dan cukup nyaman sehingga tidak berdampak buruk pada kesejahteraan psikologis hewan. Kandang sering diabaikan oleh para peternak, padahal kandang merupakan faktor pendukung yang berperan penting dalam perkembangan ternak domba.

 

Kandang pada dasarnya adalah wadah untuk domba pengumpan yang berumur kurang dari sembilan bulan yang bisa Anda tempatkan di kandang biasa. Satu kandang dapat menampung hingga lima hingga 10 burung sesuai dengan ukuran kandang. Saat mereka tumbuh menjadi dewasa, Anda dapat memindahkannya ke kandang domba individu. Pastikan domba dapat tetap bergerak atau berputar, tidur dan yang lainnya. Intinya, penempatan sangkar Panggung, atau sangkar tanah harus memperhatikan aspek ini.

 

Ciri-ciri kandang yang sehat dan nyaman adalah:

 

A) Kandang sudah dibersihkan, tidak ada kotoran yang menumpuk dalam waktu lama.

b) Memiliki sinar matahari yang cukup namun bukan berarti kandang dalam ruangan tertutup rapat sehingga sinar matahari tidak dapat masuk.

C) Tempat teduh dan tidak terlalu panas meskipun membutuhkan sinar matahari untuk masuk, tetapi pastikan suhunya tidak terlalu panas, agar domba merasa nyaman.

D) Posisinya harus berjarak 5 meter dari rumah.

Saat membangun kandang untuk domba, Anda harus memperhatikan jarak antara kandang dan tanah. Jarak paling umum yang dibutuhkan adalah sekitar 70 sentimeter. Sementara atap samping lebih tinggi dari atap belakang untuk memastikan aliran hujan dan embun lancar.

 

3. Persilangan dengan Domba Fullblood

Jika ras betina Anda adalah Texel dan anda memiliki texel sebagai trah, maka anda bisa mengawinkan domba jantan fullblood untuk mendapatkan anak ayam yang berkualitas super. Misalnya, dengan satu contoh, domba Dorper, yang dikenal karena dagingnya yang luar biasa. Metode persilangan yang dikenal juga dengan persilangan domba ini merupakan aspek kunci dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas genetik suatu breed. Anda di peternakan dapat melihat ras lain dengan kualitas tinggi untuk produksi daging, atau bahkan berfokus pada keuntungan genetik tertentu. Di pasar, domba Texel yang bunting dan memiliki domba Dorper fullblood, dijual dengan harga yang dinaikkan. Pada kelahiran pertama, anak domba dapat menghasilkan 1 anak, sedangkan pada kelahiran kedua, dan berikutnya, mungkin lebih dari itu.

 

Apa yang akan Anda terima Jika Anda berhasil dalam persilangan ini?

 

a) Buat persilangan yang menunjukkan pertumbuhan cepat. Dengan perawatan normal (tidak dimodifikasi secara genetik seperti ayam pedaging), peternakan Anda memiliki kemungkinan memanen domba lebih cepat.

B) Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jika domba Texel memiliki kecenderungan untuk sakit, maka tentu saja pertumbuhan dan perkembangannya akan terpengaruh. Namun, peternak harus lebih berkonsentrasi pada hal ini.

C) Daging berkualitas baik tanpa lemak. Jenis daging ini adalah tujuan utama pasar internasional.

 

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Menjadi domba pedaging, penting untuk memperhatikan makanan Texel. Pastikan pakan memiliki serat yang cukup, khususnya yang berasal dari sumber alami seperti rumput. Saat Anda memelihara domba di kandang komunal, Anda bisa menambahkan pakan konsentrat khusus untuk pertumbuhan domba.

 

Beberapa ide feed yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pertumbuhan Texel antara lain sebagai berikut:

 

a) Hijauan, yang dapat diberikan kepada domba dengan kadar 10% dari berat totalnya. Pemberian pakan tergantung dari kebiasaan peternak sendiri biasanya 2 kali per hari.

b) Pakan fortifikasi khusus untuk indukan bunting, indukan laktasi yang siap mengawinkan pejantan dan domba hingga domba yang sedang dalam tahap penggemukan. Jenis pakan yang diperkaya bisa berupa dedak padi, bungkil kelapa dedak jagung, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

C) Garam dan suplemen khusus untuk domba potong untuk menyediakan mineral selama pertumbuhannya.

 

Pakan fermentasi bisa menjadi salah satu alternatif untuk menekan harga produksi pakan ternak domba. Namun, saat memfermentasi pakan, Anda perlu menjalin hubungan baik dengan domba terlebih dahulu. Peralihan pakan utama ke fermentasi secara tiba-tiba justru dapat menyebabkan domba tidak mau mengkonsumsinya.

 

5. Penjualan Produk Peternakan (Daging dan Domba)

Cara terbaik untuk menjual domba Texel adalah dalam bentuk produksinya untuk diambil dagingnya atau penjualan bibit yang dipelihara. Metode penjualan yang efektif dapat meningkatkan jumlah penjualan. Dengan demikian, akan ada peningkatan arus kas ke peternakan, yang secara alami menghasilkan keuntungan ekonomi bagi peternak. Ini adalah rekomendasi untuk menjual domba yang disiapkan untuk mendapatkan keuntungan dari peternakan Anda.

 

a) Menjual domba di pasar hewan. Metode ini yang menjual domba paling umum dan terkenal. Pembeli dapat ditemukan langsung kapan saja. Jangkauannya juga terbatas dan biasanya hanya orang-orang dari satu daerah.

B) Mendistribusikan brosur iklan secara offline. Dimungkinkan untuk menggunakan Texel sebagai daging domba yang sering digunakan untuk hewan kurban. Oleh karena itu, lokasi terbaik untuk memasarkan ide ini adalah dengan membagikan brosur di masjid, restoran, atau tempat umum lainnya.

c) Memanfaatkan aplikasi perpesanan dan media sosial. Media sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk memperluas jumlah koneksi dalam pemasaran domba Texel. Dimungkinkan untuk memperkenalkan peternakan dan peternakan di media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

d) Memasang produk peternakan di website dan di marketplace. Ini adalah metode baru yang memiliki banyak potensi di masa depan. Karena web dan pasar tidak terpengaruh oleh waktu. Faktanya, semakin tua usia Anda, semakin penting Anda menerima dari mesin pencari.

 

Jual Domba Texel Kepada Mitra Yang Tepat

 

Banyak sekali yang mencari domba texel baik dewasa maupun ibu hamil. Selain itu, untuk memasarkan bisnis Anda melalui berbagai saluran yang memanfaatkan kemajuan teknologi serta bekerja sama dengan peternakan lain, misalnya GibasBarokah.com. Beginilah cara Anda menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan, dan Andalah yang menentukan berapa nilai pasar untuk produk ternak domba Anda. Tentu saja, penetapan harga harus adil mengingat karakteristik fisik dan genetik domba.

 

Jika anjing tersebut sehat dan memiliki kualitas yang baik, Anda akan mendapatkan harga terbaik. Sebaliknya, jika situasinya tidak baik atau bahkan keturunan berikutnya akan sulit, dan harganya akan lebih rendah dari pasar saat ini. Itulah alasan mengapa peningkatan kualitas dan kuantitas semua ternak di peternakan sangat penting. Karena itu yang menentukan harga jual di pasaran nantinya. Untuk meningkatkan kualitas dan Kualitas ternak disana iAda kemungkinan breed persilangan dengan breed fullblood yang sudah terbukti memiliki kualitas terbaik.

 

Kedatangan domba fullblood bisa menjadi aset investasi yang bagus. Satu pejantan bisa kawin sebanyak 25 betina. Bagian genetik dari domba jantan itulah yang menentukan berapa banyak domba jantan yang diproduksi di fasilitas tersebut, apakah kualitasnya meningkat atau tidak. Berikut beberapa panduan cara beternak domba Texel, jenis daging yang sangat terkenal di Indonesia. Harga jual beli yang relatif stabil membuat para peternak tidak gentar untuk mengembangbiakkan domba jenis ini. Salam sukses untuk semua peternakan di seluruh Indonesia!

 

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel

Comments

Popular posts from this blog

Tips Memperbanyak Pengikut Instagram secara Gratis

Baca Komik Mangaku Pro Apk

Konsumsi Makanan Sehat Ini Untuk Menambah Berat Badan